Selasa, 30 November 2010

Pentingnya Usaha Bersama dalam Koperasi

Pentingnya Usaha Bersama dalam Koperasi

Dalam koperasi para anggota bersatu untuk mengembangkan usaha bersama sama seperti semboyan “bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh.”
Mengembangkan usaha melalui koperasi sangatlah penting untuk saat seperti ini. Persaingan dalam dunia usaha saat ini sangatlah kuat. Terutama dari golongan yang tidak mempunyai modal yang kuat, tidak akan daapat bertahan dalm persaingan dalam bidang usaha jika tidak bersatu dalam menggalang kekuatan dan bahu-membahu menjalankan usaha.
Selain dari segi keuntungan secara ekonomis, usaha bersama juga sangatlah penting dalam menggalang dan meningkatkan aspek sosial yang akan sangat membantu para anggota koperasi. Misalnya, adanya semangat gotong royong di antara para anggota koperasi. Bila salah seorang anggota ingin membangun rumah, dia dapat meminta bantuan tenaga dari anggota lain untuk turut bergotong royong membangun rumahnya.
Koperasi adalah kumpulan orang-orang yang bekerja sama dalam wadah suatu organisasi berdasarkan kekeluargaan. Rasa kekeluargaan ini sangat penting bagi kita khususnya para anggota untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Selain itu, usaha bersama ini akan mempersempit jurang perbedaan. Yang mempunyai modal yang besar akan menolong mereka yang mempunyai modal yang minim atau modal yang kecil. Sebaliknya, yang memiliki modal yang kecil akan tertolong oleh yang mempunyai modal yang besar atau modal yang mencukupi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar